Dampak Berbahaya Stres Pada kecantikan dan kesehatan tubuhmu

94

Image result for Dampak Berbahaya Stres Pada kecantikan dan kesehatan tubuhmu

Stres merupakan keadaan dimana pikiran mengalami tekanan sehingga membuat orang menjadi tidak nyaman. Semoga orang pasti sangat akrap sekali dengan stres, karena semua orang pasti mengalami stres setiap harinya dengan tingkat yang berbeda-beda. Sejak kecil atau balita kita semua sudah mengalami stress, semakin bertambahnya usia dan beban hidup membuat tingkat stres semakin meningkat.

Stres bisa terjadi karena berbagai faktor dan dimana saja seperti lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, pekerjaan, masalah keuangan, masalah kesehatan ataupun masalah lainnya. Stres jika sering terjadi dan meningkat hingga stres berat dapat membahayakan kesehatan tubuh. Saat kita menghadapi sebuah masalah atau ancaman, tubuh dan pikiran akan saling berinteraksi dalam menghadapi ataupun menghindari masalah tersebut.

Kita mungkin sudah sering mendengar dampak buruk stres pada tubuh dan pikiran seseorang. Stres dapat menyebabkan berbagaia masalah fisik seperti sakit kepala,  nyeri dada dan lain sebagainya. Stres juga dapat membuat mood seorang berubah menjadi buruk, mudah marah dan mudah emosi. Bahkan stres level tinggi dapat menyebabkan orang depresi dan mempengaruhi perilaku hingga orang menjadi gila.

Yaps, stres bisa berdampak pada kecantikan dan kesehatan tubuhmu, ladies. Sekarang mari kita ungkap satu per satu agar kita bisa lebih peduli pada kondisi tubuh dan pikiran kita.

Otot Terasa Kaku dan Nyeri


Kebanyakan stres membuat otot-otot tubuh kita tegang dan kaku. Punggung bisa terasa nyeri dan kepala pusing. stres juga bisa menyebabkan arthritis dan fibromyalgia (nyeri pada tulang dan otot yang menjalar ke bagian dalam tubuh dari lokasi nyeri tersebut berasal). Kondisi ini bisa makin parah bila stres tak kunjung diatasi.

Masalah Jantung dan Paru-Paru

Kebanyakan stres bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, detak jantung yang nggak normal, dan bercak darah. stres kronis juga bisa memperparah gejala asma dan bronkitis. Kondisi seperti ini jelas tak bisa disepelekan begitu saja.

Kerusakan Kulit dan Rambut
Saat stres, kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit dan rambut bisa menurun. Kulit wajah pun jadi gampang berjerawat. Dermatolog di Santa Barbara, California bernama Roberta Sengelmann, M.D., juga menjelaskan kalau rambut bisa mengalami kerontokan 3-6 bulan setelah mengalami stres berat.

Kekebalan Tubuh Menurun

stres dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh yang bisa sangat dibutuhkan dalam kondisi mendadak. Stimulasi ini bisa membantu kita terhindar dari infeksi dan menyembuhkan luka. Tapi hormon stres bisa melemahkan sistem imun tubuh dan mengurangi kemampuan tubuh merespon benda-benda asing. Inilah yang kemudian bisa membuat orang yang stres gampang sakit dan kena flu.

Masalah Pencernaan

Terkadang stres juga bisa menyebabkan masalah atau gangguan pencernaan. Seperti menyebabkan diare dan sembelit. Penting untuk menjaga tubuh bisa tetap rileks agar terhindar dari masalah pencernaan ini.

Stres juga sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kemampuan kognitif dan daya konsentrasi kita pun bisa ikut terpengaruh. Yuk, ladies kita lebih memperhatikan kondisi kesehatan kita. Jangan sampai stres menghancurkan kualitas hidup kita.